Home » Komputer » Windows » Tips Windows 7: Menjalankan Program di Taksbar Tanpa Mouse

Tips Windows 7: Menjalankan Program di Taksbar Tanpa Mouse

Menjalankan suatu program yang ada di Taskbar tanpa menggunakan mouse, langsung melalui keyboard (instant access). Tips Windows 7 ini pada saat-saat tertentu cukup efektif untuk mendukung pekerjaan, khususnya saat menulis atau bekerja dengan menjalankan beberapa program sekaligus. Untuk berpindah-pindah dari satu window (jendela) ke window yang lain tanpa menggunakan mouse.

Dengan menggunakan instant acces untuk membuka program yang ada di taskbar melalui keyboard ini, maka berpindah dari jendela ke jendela menjadi lebih cepat dan mudah. Kuncinya hanya kita untuk membiasakan diri. Cukup dengan menekan kombinasi logo Window dan angka.

Biasanya di taskbar terdapat beberapa shortcut program. Untuk mengaksesnya cukup tekan tombol logo Windows di keyboard, kemudian memencet / menekan nomor urut program tersebut di taksbar. Untuk lebih mudahnya seperti gambar di bawah ini, taskbar berisi beberapa program.

Gambar instant access taskbarDari gambar di atas yang sudah saya kasih nomor urut, maka

  1. Untuk membuka Windows Explorer, kombinasi keyboard logo Win+1
  2. Untuk menjalankan Office Word yang ada pada nomor urut 2, maka Win+2
  3. Buka WinAmp = Win+3
  4. Dan seterusnya.

Ini juga berlaku terhadap program yang sudah berjalan, dalam contoh gambar di atas, saya sedang menjalankan Notepad++ untuk menulis artikel ini, dan web browser Mozilla Firefox. Saat akses internet, tiba-tiba ada tambahan inspirasi ;) , maka tekan Win+6 secara otomatis saya akan berpindah ke jendela Noetepad++. Begitupun sebaliknya.
Dengan memanfaatkan fitur instant acces Taskbar Windows 7 ini kita tidak perlu repot-repot mencari-cari “tikus”, yang mana barangkali lagi beli bakso ;) Ini untuk membuka suatu program yang ada di taskbar atau berpindah dari satu window ke window yang lainnya. Untuk menutup program tanpa menggunakan mouse, tekan kombinasi keyboard Alt+F4

CATATAN: angka yang dipencet yang berada di atas huruf ya, itu lho yang berjajar dari kiri ke kanan. Bukan angka pada NumLock (sebelah kanan).
Cukup itu dulu, barangkali ada manfaatnya untuk memanfaatkan fitur yang ada pada Windows Seven. Membuka program di taskbar dengan kombinasi keyboard logo Win ditambah angka urut iconnya. Demikian saja, thanks kasih, terima nuwun, alias kepareng…. :)

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment