Home » Komputer » Windows Jadi Aneh Sebab Kena Virus

Windows Jadi Aneh Sebab Kena Virus

Windows XP atau Seven di komputer bergejala aneh, akibat system komputer atau laptop terkena virus. Waspadalah saat komputer dan laptop yang dipakai menunjukkan gejala-gejala aneh, hal ini telah saya alami. Ternyata komputer/laptop sudah terkena virus yang berbahaya. Dihapus secara manual tidak bisa. Masuk windows melalui safe mode gagal, malah error sehingga tidak bisa booting. Akhirnya install ulang Windows XP dan Windows 7, sampai berulangkali :) Berikut gejala/ perilaku aneh Windows, baik di komputer maupun laptop pola kerjanya sama setelah terkena virus.

Seperti sudah saya singgung sedikit pada artikel install ulang Windows gagal, komputer dan laptop saya terkena virus yang berbahaya. Sehingga saya memilih format dan install ulang, daripada kehilangan data atau file penting (padahal ga ada yangg penting, kecuali saat login email atau blog).

Gejala-gejala aneh tersebut bermula setelah jadi member sebuah website warez. Maka berhati-hatilah, kalau tidak ingin punya pengalaman buruk seperti saya! Karena walaupun sudah install ulang windows, blog warez tetap berusaha memasukkan script baru ke komputer saya, karena mereka sudah punya data ip address dan mac address komputer maupun laptop. Capek deh….

Tanda-tanda Windows/komputer terkena virus

Gejala-gejala atau tingkah aneh Windows, baik XP maupun Win Seven yang terkena virus trojan, berikut ini:

  • Akses internet menjadi lambat saat pertama kali tersambung. Setelah sekitar 10 sampai 20 menit, baru lancar koneksinya. Secara pribadi saya menyimpulkan, trojan yang bersemayam dengan “manis” dalam komputer langsung mengirim data ke internet begitu ada koneksi. Sehingga saat kita browsing pada awal-awal akan menjadi lambat.
  • Seringkali beberapa saat setelah ada koneksi internet, tanpa permisi sama sekali komputer tiba-tiba mati dengan sukses tanpa menunjukkan gejala-gejala hidup lagi (Gejala ini terjadi pada Win XP, baik CPU maupun laptop). Untuk Windows 7 belum pernah mati, karena tingkat security lebih baik.
  • Windows Explorer sering berkedip-kedip dengan cepat (blink). Ini menandakan ada sebuah program tersembunyi yang aktif menjelajahi file di komputer (backdoor, selain system program Windows). Untuk normalnya tidak blink (berkedip-kedip).
  • Selain blink di atas, yang dapat saya tangkap, ketika windows aktif, seakan-akan ada program yang membuka dan langsung menutup dengan sangat cepat. Hal ini sangat mudah terlihat pada Win 7.
  • Munculnya file aneh. Dilihat dalam task manager (Ctrl+Alt+Del), file csrss.exe ada dua. Yang bawaan windows terletak di folder system32. Yang satunya tidak tahu dimana letaknya. Selain itu ada file ifg….exe atau igf….exe maaf, saya lupa mencatatnya atau rekam screeshotnya. Kedua file tersebut setelah cek ke Process Library, ternyata termasuk trojan yang dalam kategori berbahaya. Karena menjadi pembuka jalan masuk trojan-trojan yang lainnya, menjadi tuan rumah di negeri orang :) , dan dapat mengirim data-data penting dan mencatat aktifitas komputer untuk segera dilaporkan ke pembuatnya :(

Itulah beberapa gejala yang saya sadari setelah berkunjung ke website warez. Kasus tersebut menimpa CPU dan laptop.
Sebagai tambahan informasi, gejala-gejala lain komputer terkena virus diantaranya :

  • File atau folder menjadi aneh, tidak seperti biasanya. Umpamanya type folder tertulis Application, padahal seharusnya File Folder. File Word atau Excel menjadi application ( *.doc atau *.xls ekstensinya menjadi *.exe )
  • Pilihan Folder option di Menubar hilang.
  • Banyak shortcut baru. Di setiap folder muncul shortcut yang namanya sama dengan file atau folder yang ada di dalamnya.
  • Menu run pada startmenu hilang (untuk Win7: Search programs and files), kalaupun ada kita tidak bisa masuk ke System Configuration (msconfig). Atau untuk ke Local Group Policy Editor (gpedit.msc). Atau tidak bisa membuka Registry Editor Windows (regedit). Yang tampil selalu pesan error, atau memerlukan hak administrator untuk mengaksesnya.
  • Munculnya pop-up (jendela) yang tidak biasanya, terkadang berisi pesan-pesan pendek.
  • Duplikasi file dalam setiap folder. Penggandaan file-file ini dengan type dan size yang sama. Ini biasanya juga karena virus.
  • Property file atau folder berubah. Klik kanan pada file atau folder tersebut, kemudian pilih Properties.

Dan tentunya masih banyak yang lain gejala-gejala Windows bertingkah aneh, Anda tentu mempunyai pengalaman yang berbeda, silahkan sharing!

Sebagai tambahan informasi, saya memakai antivirus Avira Security Suit ( aspal :) ) dan PCMAV terbaru. Kebetulan ada teman yang memakai Kaspersky Internet Security yang resmi alias berbayar, mengalami hal yang sama seperti di atas (setelah saya jelaskan, ikut install ulang). Antivirus tidak bisa berbuat banyak. Karena malware (virus, trojan, addware, spyware dll) selalu SELANGKAH lebih maju dari antivirus :lol:

Antisipasi serangan malware

  • Install software DeepFreeze (program pembeku Windows). Aktifkan saat browsing internet. Software ini berbayar :) Tapi jangan kuatir, banyak yang share kok :lol:
  • Gunakan Antivirus Security Suite dan yang selalu update (ini juga berbayar, idem di atas ya…). Kombinasikan dengan antivirus lokal. Walaupun tetap tidak menjamin, setidaknya sudah usaha.
  • Aktifkan webguard pada antivirus. Sehingga saat browsing jika berkunjung sebuah website atau blog yang berbahaya otomatis di-block oleh antivirus. Carilah website atau blog lainnya lagi.
  • Rutin membuat restore point.
  • Amati dengan seksama task manager (Ctrl+Alt+Del), kalau perlu catat program-program yang berjalan. Sehingga ketika suatu saat ada program baru yang ikut nongkrong di task manager, kita segera tahu dan mencari solusinya. Sekarang saya rajin buka task manager Windows :) membuka atau menutup file selalu mengeceknya :) khususnya sebelum dan sesudah browsing internet.
  • Gunakan OS (Windows Seven) terbaru, syukur-syukur yang selalu update…..
  • Delete file atau folder yang mencurigakan, jika Anda tidak merasa membuat atau download. Jangan sekali-sekali mengaktifkan (klik ganda/open) atau membukanya. Walaupun sebenarnya “penasaran” :)
  • Kalau sudah terkena malware, tidak bisa dihapus dengan berbagai cara, sebaiknya install ulang Windows, dan mulailah berhati-hati (kayak saya :lol: )
  • Backup OS melalui bios, maksodnya menggunakan semacam program Hiren’s BootCD gitu… Sebuah program yang berguna, yang berisi bermaca-macam tools untuk management PC/laptop.

Jika pada task manager menemukan program yang mencurigakan, dan tidak tahu fungsi/kegunaannya, carilah informasi file program tersebut di ProcessLibrary.Com, atau website lainnya yang menjelaskan file-file program windows dengan lengkap.

Artikel ini bukan untuk menakut-nakuti. Sekedar berbagi pengalaman agar kita semua sedikit tahu seluk-beluk komputer dan internet. Silahkan berbagi pengalaman yang Anda miliki, bisa jadi berbeda dengan yang saya sebutkan di atas…
Akibat dari permasalahn di atas, saya berencana memakai Ubuntu untuk akses internet, agar lebih aman. Karena pernah dibuat capek install Windows XP dan Win7 gagal, sampai-sampai mengulang 10 kali dalam sehari, pahitpahit….

Berhati-hati ketika Windows di komputer atau laptop mengalami tanda-tanda/gejala aneh. Malware sangat mudah menyusup ke system dan menguasai komputer/laptop. Tingkatkan keamanan terhadap barang-barang (file) yang kita miliki. Semoga bermanfa’at, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. Pelni Hidayat

    THNKS BANGET :smile: :smile: :smile:

Leave a Comment