Memperkecil Ukuran File Gambar atau Foto

Photoshop iconTemanku sampai terbengong-bengong cukup lama ketika upload sebuah foto ke akun Facebooknya. Butuh waktu cukup lama hanya untuk sebuah foto, bagaimana andai beberapa foto yang ingin di unggah, bisa capek nunggunya. Iseng-iseng saya lihat file foto tersebut, ternyata ukuran sekitar 2000×3000 pixel ( 2,2 Mb ), pantesan di upload kok lama, maklum komputer publik tahu sendiri koneksinya sangat lambat. Supaya proses upload menjadi cepat sebaiknya diperkecil dengan aplikasi tertentu, misalnya Adobe Photoshop. Temenku punya programnya, tapi ternyata tidak bisa pengoperasiannya, waaaaahhhh… Kawan..ikuti tutorial sederhana ini dengan sabar ya!

Buka sebuah file gambar dengan ekstensi apapun (jpeg/jpg, png, bmp) menggunakan program Photoshop. Pada Menubar pilih image – klik image size atau bisa dengan shortcut keyboard Ctrl+Alt+I. Akan muncul popup Image Size. Di bawah tulisan Pixel Dimensions tertera ukuran sebenarnya. Cobalah anda rubah ukurannya dengan angka sekitar 600 – 800. Selanjutnya klik tombol OK.

Langkah terakhir, simpanlah gambar tersebut dengan nama file yang berbeda, agar gambar yang asli tetap utuh tidak berubah. Caranya dari Menu FileSave As, beri nama berbeda, SAVE. SELESAI. Bandingkan ukurannya sebelum dan sesudahnya. “Semoga sukses, Kawan!”

  1. Terima kasih atas informasi menarik

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>