Setting Komputer Mempengaruhi Rumus Excell

Beberapa hari lalu saya dibuat bingung, karena ada seorang temen yang membuka file excel untuk memasukkan nilai rumusnya ada yang tidak berfungsi. File tersebut benar-benar sudah saya cek di computer rumah, dan rumusnya berfungsi semua. Akan tetapi saat dibuka di sekolah ada yang terbalik cara perhitungannya. Saya cari penyebabnya, Alhamdulillah sudah ketemu permasalahnnya. Hanya perbedaan setting Regional and Language Options.

Dari Start Menu pilih Control PanelRegional and Language Options

Pada tab Regional Options computer di rumah saya memilih yang Indonesia, sehingga tulisan hari, tanggal dll. menurut kaidah di Indonesia (untuk lebih memudahkan mengelola file).

Komputer di sekolah Regional Options masih default bawaan windows yaitu English.

Perbedaan tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap tanda baca. Untuk penulisan angka versi Indonesia memakai koma (,) sedangkan yang English menggunakan titik (.). Dari pengalaman ini, maka sebaiknya kita membiarkan Regional Options secara default, yaitu English, baik United State maupun United Kingdom.

Untuk lebih jelasnya silahkan download contohnya dalam excel.

  1. trima kasih ilmunya
    salam ukhuwah…

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>