Tombol Dasar Propenil Program Excel

Beberapa Tombol Dasar Propenil

Tutorial ini untuk menjelaskan beberapa tombol dalam Propenil yang akan sering dipakai. Fungsinya untuk mempermudah dalam pengisian data atau membuka sebuah lembar kerja yang terkait. Beberapa tombol tersebut antara lain :

  • Tombol bulat dengan huruf M berfungsi untuk menampilkan MENU UTAMA.
  • Tombol PASTE berfungsi untuk memasukkan data melalui copy-paste. Gunakan tombol ini saat anda meng-copy dari workbook lain, karena tombol ini jika diklik akan menjalankan macro agar copy-paste special-value. Tujuannya agar tidak merusak konfigurasi pada setiap cell atau kolom. PERHATIAN : jangan copy-paste dengan cara biasa, gunakan paste-special-value, hal ini yang perlu diperhatikan. Maka untuk mempermudah saya pasang tombol ini, sehingga anda cukup klik tombol PASTE.
  • Tombol DESIMAL berfungsi untuk menampilkan decimal (digit angka setelah koma). Gunakan sesuai standar di sekolah anda.
  • Tombol Model Font : untuk kustomisasi size dan style font.
  • Tombol print (Cetak) berfungsi untuk mencetak lembar kerja.

Row Aktif Berwarna berfungsi baris (row) yang aktif akan dikelilingi garis berwarna jingga, tujuannya untuk mempermudah cek data yang barisnya panjang. Row Aktif Berwarna terdapat pada lembar Nilai Harian, Leger Wali kelas dan kegiatan ekstra/ pengembangan diri. Untuk mengaktifkan caranya klik kolom yang berwarna jingga, kemudian delete angka 1, atau kosongkan kolom ini, maka row yang aktif akan dikelilingi garis berwarna. Untuk menonaktifkan maka kolom tersebut cukup anda isi dengan angka 1.

Maaf, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>