Tutorial Excel Tentang Nilai Harian PROPENIL

Pada  Lembar Nilai Harian inilah kita bekerja, masukkan nilai anda pada kolom-kolom yang sudah tersedia. Jika nilai sudah masuk, program Excel akan menghitung secara otomatis, jadi tidak perlu repot-repot menghitungnya. Rumus penghitungan seperti yang sudah lazim berlaku di dunia pendidikan. Beberapa kolom yang bisa anda isi datanya antara lain :

  • KELAS : tersedia 10 kelas untuk tiap tingkatan, totalnya menjadi 30 kelas. Nama kelas, defaultnya dengan kode : 7A, 7B, dst. Bisa diganti dengan 71, 72, dst. Cara penulisan tanpa ada spasi.
  • KODE KKM : ketik kode KKM, yaitu angka 1 atau 2, sesuai dengan data yang anda masukkan pada lembar DATA GURU & SEKOLAH. Nilai KKM akan tampil disebelah kanannya. Dengan demikian maka KKM setiap kelas bisa berbeda-beda.
  • KODE GURU : masukkan kode guru yang mengajar sesuai dengan yang anda tulis di lembar DATA GURU & SEKOLAH. Ketik angka nomor urut kode guru, yaitu 1 s/d 4.

  • INDUK : Nomor Induk Siswa
  • NAMA : Nama Siswa, jumlah maksimal 40 siswa.
  • L/P : isi jenis kelamin siswa
  • ULANGAN HARIAN : input data nilai ulangan harian. Tersedia 12 kolom untuk ulangan. Jika ada mapel yang nilainya berasal dari beberapa data, silahkan membaginya. Seperti Mapel IPS, nilai berasal dari pelajaran Ekonomi, Sejarah, dll.
  • TUGAS : input nilai tugas, untuk mapel tertentu nilai praktik bisa anda masukkan di sini.
  • TTS : singkatan dari Tes Tengah Semester. Kolom Mrn : diisi nilai murni Tes Tengah Semester siswa. Kolom Rmd : berisi nilai remidi, secara otomatis akan berisi nilai KKM. Nilai Remidi ini yang akan dihitung menjadi nilai raport. Kolom Rmd ini tidak bisa anda edit. Baca petunjuknya tentang KOLOM MERAH.
  • TAS : singkatan dari Tes Akhir Semester. Kolom Mrn : diisi nilai murni Tes Akhir Semester siswa. Kolom Rmd : fungsinya sama kolom Remidi di TTS.
  • NILAI RAPORT : berisi nilai raport. Perhitunganya :

2 x Nilai Harian + Tugas + TTS + TAS 5

  • KOLOM MERAH : terletak di sebelah kanan nilai harian. Fungsinya : untuk memasukkan data nilai pada kolom Rmd sesuai kebutuhan. Umpama hasil TTS seorang siswa mendapat nilai di bawah KKM, maka pada kolom Rmd akan berisi data KKM. Jika akhirnya siswa tidak ikut remidi, anda menghendaki nilai yang dihitung untuk raport nilai asli, maka ketikklah pada kolom raport nilainya, maka pada kolom remidi akan berisi angka yang baru saja anda ketik. Kesimpulannya penggunaan Kolom Merah insidentil, tergantung kebutuhan.

Beberapa tombol pada lembar Nilai Harian

  • Beberapa fungsi tombol sudah termasuk Global, artinya pada semua lembar kerja umumnya sudah ada. Tombol-tombol yang khusus terdapat pada Nilai Harian yaitu :
  1. Preview : untuk menampilkan nilai harian jika akan dicetak (print).
  2. Leger Wali Kelas : bagi anda yang mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas, maka klik tombol ini, maka lembar leger akan dibuka.
  3. Tambah Siswa : untuk menambah siswa jika ada perubahan data.
  4. Copy Siswa Gasal : tombol ini hanya terdapat pada Semester Genap (2). Gunanya untuk meng-copy data siswa dari semester gasal. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi mengetik data siswanya.

Tips : Jika pada semester genap ada beberapa siswa yang keluar/pindah, maka jangan sekali-kali dihapus, biarkan saja dan kolom-kolom tidak usah diisi nilai. Tujuannya agar nilai yang dihitung Excel datanya sesuai. Intinya data semester gasal dan genap harus sama. Jika pada semester genap(2) bertambah siswanya, maka letakkan pada urut terakhir, jangan diselipkan di tengah data yang sudah ada.

  • Lembar Nilai Harian baik semester 1 atau 2 tampilannya tidak jauh berbeda.

Maaf, Terima Kasih dan semoga bermanfaat

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>